Mekanika Teknik dalam Konsep Jurusan Teknik Sipil

Mekanika Teknik dalam Konsep Jurusan Teknik Sipil
Indikator Pemikiran | Mekanika Teknik adalah salah satu mata kuliah admin sewaktu masih berstatus sebagai mahasiswa. Dalam mata perkuliahan mekanika teknik di jurusan teknik sipil sebenarnya tidaklah sulit untuk dimengerti dengan syarat anda harus banyak membaca konsep dan berlatih terus bagaimana soal-soal mekanika teknik.

Mekanika Teknik adalah salah satu mata kuliah yang harus anda kuasai atau minimal pahami sebagai dasar perhitungan konstruksi pada bangunan atau yang berhubungan dengan teknik sipil. Perhitungannya pun banyak digunakan seperti pada konstruksi kayu, beton dan baja.

Mekanika Teknik dalam Konsep Jurusan Teknik Sipil - Objek perhitungan dari Mekanika Teknik yang sering kita temui dikeseharian kita, saat kita melihat gedung tinggi yang menjulang, halte bus, jembatan, Underpass, sampai Perencanaan Fly-over juga menggunakan Mekanika Teknik sebenarnya. Mekanika Teknik adalah cabang ilmu fisika yang membahas benda yang diam atau bergerak dibawah pengaruh gaya.

Benda yang yang bergerak memakai ilmu DINAMIKA, sedangkan benda yang diam memakai konsep STATIKA. Prinsip-prinsip ini sangat didasari oleh pemahaman MATEMATIKA dan FISIKA yang kuat.

KONSEP DASAR MEKANIKA TEKNIK:

Pehaman tentang benda yang diam disebut Struktur, pembagian Struktur menjadi 2 yaitu Struktur Statis Tertentu dan Struktur Statis Tak Tentu. Yang mana pada Struktur Statis Tertentu itu tidak memiliki kendala yang lebih dari yang diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan objek. Pada keseimbangan ini kita sering mendengar istilah, yaitu : F (gaya) = 0 atau M (momen) = 0

Arah Gaya dan Arah Momen pada Mekanika Teknik yang biasanya digunakan untuk penyelesaian persoalan statika:
  • Bila arah gaya beban keatas diberi tanda positif (+) dan sebaliknya jika arah gaya kebawah diberi tanda negatif (-).
  • Bila arah momen searah jarum jam maka diberi tanda (+) positif dan jika arah momen berlawanan dengan jarum jam maka tandanya negatif (-).
  • Sebagian besar hasil perhitungan pada analisa ini adalah gaya shear dan momen.
Nah demikianlah sedikit pemahaman tentang Mekanika Teknik dalam Konsep Jurusan Teknik Sipil termasuk juga pemahaman tentang apa itu DINAMIKA dan STATIKA. Semoga bermanfaat untuk anda, dan jika menyukai artikel dari Indikator Pemikiran jangan lupa untuk klik like and Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru lewat email pribadi anda. Terimakasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mekanika Teknik dalam Konsep Jurusan Teknik Sipil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel