Tuesday, March 13, 2018

[Tutorial] Cara Lengkap Menggunakan Fillet Di AUTOCAD

[Tutorial] Cara Lengkap Menggunakan Fillet Di AUTOCADIndikator Pemikiran - [Tutorial] Cara Lengkap Menggunakan Fillet Di AUTOCAD - Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas membuat Rectangle Pada Autocad dan sekarang kita akan menulis Tuorial Menggunakan Fillet Di AUTOCAD dari berbagai macam car-caranya.

Perintah Fillet berfungsi untuk membuat atau menggabungkan dua buah garis dengan bidang lengkung  yang memiliki besar radius sesuai yang anda inginkan. Perintah fillet sebenarnya hampir mirip atau sama dengan perintah chamfer. Perbedaannya adalah kalau chamfer hasilnya akan berupa garis miring, sedangkan fillet hasilnya akan berupa bidang lengkung.

Cara Menggunakan Fillet :

Untuk lebih jelasnya Berikut adalah cara penerapan perintah fillet pada sebuah objek sederhana melalui langkah berikut ini :
  1. Membuat dua buah garis yang saling berpotongan dengan panjang masing-masing 15.
  2. Aktifkan perintah Fillet dengan cara ketikan “F” pada layar command kemudian tekan tombol enter.
  3. Tentukan Jarak Radius Fillet, yaitu ketikkan “R” pada layar command lalu tekan tekan enter, kemudian  ketikkan jarak radius misalnya 30 lalu tekan enter.
  4. Kemudian Langkah Selanjutnya memilih dua garis yang akan di fillet, yaitu dengan mengklik ujung garis pertama (P1) kemudian klik ujung garis kedua (P2).
  5. Setelah mengklik garis kedua (P2) maka kedua garis tersebut akan terfillet dengan besar radius 30. 
  6. Selesai deh. Kedua garis tersebut sekarang terfillet.
 
[Tutorial] Cara Lengkap Menggunakan Fillet Di AUTOCAD

[Tutorial] Cara Lengkap Menggunakan Fillet Di AUTOCAD

Indikator Pemikiran - Jika Anda memilih garis, busur, atau polylines, panjang mereka menyesuaikan untuk mengakomodasi fillet busur. Anda dapat tahan tombol Shift saat memilih objek untuk menimpa radius fillet saat ini dengan nilai 0.

Jika objek yang dipilih adalah segmen garis lurus dari polyline 2D, mereka bisa berdekatan atau dipisahkan oleh satu segmen lainnya. Jika mereka dipisahkan oleh segmen polyline lain, FILLET menghapus segmen yang memisahkan mereka dan menggantikannya dengan fillet.

Selanjutnya kita akan membahas tentang bagaimana menggunakan Fillet dengan garis Polyline yang akan dijelaskan pada artikel selanjutnya. Semoga Info dari artikel [Tutorial] Cara Lengkap Menggunakan Fillet Di AUTOCAD bermanfaat untuk anda.
Terimakasih.


Disqus Comments