Wednesday, March 21, 2018

Pengertian Manajemen Konstruksi Bangunan Teknik Sipil

Pengertian Manajemen Konstruksi Bangunan Teknik Sipil
Indikator Pemikiran | Pengertian Manajemen Konstruksi Bangunan Teknik Sipil - Hallo Selamat berjumpa lagi dengan admin ganteng, kali ini kita akan menulis tentang Manajemen Konstruksi, salah satu kejuruan yang berada pada jurusan Teknik Sipil. Banyak yang mengatakan kalau Manajemen Konstruksi ini adalah bidang paling mudah dikuasai di Teknik Sipil. Mengapa demikian? Coba tanyakan saja pada tumput yang bergoyang. JIka tidak tahu, yuk mari kita bahas disini bersama - sama.


Pengertian Manajemen Konstruksi.

Manajemen Konstruksi sendiri memiliki arti proses penerapan dari fungsi-fungsi kemenejemenan (seperti : Perencanaan, Pelaksaan, dan Penerapan) dengan skala yang sistematis dan dengan sumber daya yang diatur secara efisien. sehingga mewujudkan suatu hasil yang konkrit berupa mutu, biaya, dan waktu yang seoptimal mungkin. Dari sini lah kita akan belajar tentang bagaimana mengatur agar sebuah pekerjaan konstruksi dapat berjalan tanpa hambatan satupun.

Ada juga yang mengatakan Manajemen Konstruksi adalah ilmu yang mempelajari dan mempraktikkan aspek-aspek manajerial dan teknologi industri konstruksi. Sebagian besar mengatakan Manajemen Konstruksi juga diartikan sebagain model pasaran bisnis dari konsultan kepada pemilik proyek untuk membantu jalannya pengerjaan proyek.

Selain penjelasan diatas Manajemen Konstruksi juga memiliki bebearapa fungsi antara lain sebagai berikut:
  1. Sebagai Quality Control (QC)  untuk menjaga kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan di lapangan.
  2. Sebagai antisipasi jika terjadinya perubahan kondisi lapangan yang tidak di inginkan
  3. Memantau prestasi dan kemajuan proyek yang telah dicapai dengan begitu kita akan memerlukan laporan seperti harian, bulanan, bahkan tahunan.
  4. Untuk mengatur sebagian besar jalan nya pelaksaan proyek.

Tujuan Manajemen Konstruksi

Tujuan Manajemen Konstruksi sendiri sebenarnya hal yang sangat simpel untuk dipelajari, yaitu bertujuan untuk mengatur/memanage segala sesuatu yang berurusan dengan proyek tersebur dari mulai :
  1. Pelaksaan Tender
  2. Pengadaan material
  3. Pelaksaan Konstruksi
  4. Sampe Maintenance
Semua hal tersebut manajemen konstruksi harus berkontribusi sangat baik sehingga produk yang dihasilkan berupa produk yang bagus dan berkualitas tinggi. Sehingga Output yang dikeluarkan berupa Mutu, Biaya, dan Waktu pada pelaksaan proyek konstruksi menjadi teratur dan tidak berantakan.

Demikian saja tulisan kali ini dari admin tentang Pengertian Manajemen Konstruksi Bangunan Teknik Sipil, Jika Berkenan dengan tulisan ini silahkan share dan jika ingin update selanjutnya silahkan subcribe blog ini.

Semoga bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

Disqus Comments