Macam-macam Bagian Struktur pada Bangunan di Teknik Sipil

Macam-macam Bagian Struktur pada Bangunan di Teknik Sipil
Indikator Pemikiran | bagian dalam Struktur Bangunan sebenarnya dibagi lagi menjadi beberapa bagian tergantung akan kita tinjau dari segi apa. Sebagai proses terbentuknya negara Berkembang dengan pembangunan yang hampir disemua daerah, Teknik sipil berperan penting akan hgal pembangunan tersebut. Sebelum kalian jauh lebih dalam mengenal Teknik Sipil dan masuk dalam jurusan teknik struktur bangunan anda harus mengetahui Macam-macam Bagian Struktur pada Bangunan di Teknik Sipil ? Sebelumnya admin juga sudah pernah membahas apakah itu struktur bangunan, bisa kalian lihat dipostingan lainnya.

Bangunan dibagi menjadi 2 bagian secara Struktural, yaitu :
  • Struktur Atas (Upper Structure) adalah bagian strktur yang bersinggungan langsung dari manfaat bangunan tersebut dibangun.
  • Struktur Bawah (Sub Sctucture) adalah dimana bagian struktur yang berfungsi mendukung sekaligus menjadi tumpuan untuk struktur Atas agar bisa berdiri.
Bangunan dibagi menjadi 4 bagian berdasarkan bahan penyusun pada struktur bangunan itu sendiri, yaitu :
  • Struktur Beton Bertulang : Struktur bangunan yang memakai beton dari sebagian besar bangunan tersebut, contohnya adalah : Apartemen, Mall, Gedung perkantoran.
  • Struktur Baja : Struktur bangunan yang memakai baja untuk bahan utama nya, contohnya : gudang, Area taman hiburan, dan lain lain.
  • Struktur Kayu : Ini sudah jarang digunakan dikota-kota besar karena bahan kayu sendiri semakin susah untuk didapatkan dipasaran. Umumnya struktur ini digunakan untuk bangunan seperti rumah adat, cafe klasik, intinya bangunan-bangunan yang mengangkat kesan alami akan memakainya.
  • Struktur Campuran : struktur ini yang sekarang paling sering digunakan karena beberapa kelebihan.
Bangunan juga dapat dibagi berdasarkan jumlah lantai pada bangunan itu, yaitu :
  • Bangunan Bertingkat adalah bangunan yang memilik 2 lantai atau lebih yang biasa kita gunakan dengan bahasa Tekniknya adalah Multy Story.
  • Bangunan tidak Bertingkat adalah bangunan yang hanya memiliki satu lantai saja, dan biasanya di desain bukan keatas tetapi kesamping atau kebelakang memanjang dan biasa juga disebut dengan Single Story.
Dari kesekian banyak diatas bisa kita ambil untuk  Bagian-bagian bangunan dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu :
  • Elemen Struktural adalah bagian bangunan yang menjadikan struktur tetap kokoh dan stabil dalam mendukung dan menopang beban. Bagian ini sangatlah penting jika terganggunya satu komponen pada bagian ini bisa menyebabkan keruntuhan pada bangunan gedung. Yang termasuk elemen struktural antara lain seperti : kolom, balok, pondasi, rangka atap dan dinding geser.
  • Elemen Non-Struktural adalah bagian bangunan yang tidak bersinggungan langsung dengan kekuatan struktur atau komponen utama pada bangunan. Biasanya elemen ini mengalami kerusakan yang lebih cepat dibandingkan dengan elemen struktural, dan kerusakannya pun tidak menyebabkan hal-hal yang fatal untuk gedung. Beberapa Bagian elemen non struktural adalah lantai, dinding, penutup atap, dan tangga.

Demikianlah info dari Indikator Pemikiran dengan artikel yang berjudul Macam-macam Bagian Struktur pada Bangunan di Teknik Sipil, semoga bisa menjadi refrensi anda. Jangan lupa klik Share dan Subcribe email berlangganan untuk informasi paling up to date dari kami. Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Macam-macam Bagian Struktur pada Bangunan di Teknik Sipil"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel